Sunday, May 15, 2016


Siapa yang tak mengenal kuliner khas Semarang ini, bandeng duri yang disajikan dengan sambal bajak. Bandeng atau milkfish merupakan ikan air payau dengan daging lembut dan rasa gurih seperti susu.

Dimakan dengan nasi hangat yang mengempul, bsndeng presto tinggal dihangatkan dengan cara digoreng, dikukus, atau pun dioven. Bandeng presto ini sangatlah potensial untuk dikembangkan menjadi produk UKM (Usaha Kecil Menengah).

Permintaan produk ini terus mengalir baik dari dalam kota Semarang maupun luar kota, Bahkan sampai luar dan dalam negri. Tak heran jika produk serupa banyak dibuat pula di kota kota lain penghasil bandeng.

Berikut ini adalah Resep Bandeng Presto Dari Mbah Moel :
Bahan yang perlu di siapkan adalah
 1 - 10 kg bandeng segar, dan bung ingsangnya saja dan sisakan sisik kepala dan ekornya.
2 - 150 gram garam.
 3 - 150 gram kunyit, kupas.
4 - 150 gram bawang putih.
 5 - 50 gram ketumbar.
6 - Air bersih secukupnya.

 Untuk cara membuatnya seperti berikut. Pertama kita buang ingsang bandeng , cuci sampai bersih Sisakan sisik kepala dan ekorbendeng biarkan saja utuh. Setelah itu kita haluskan garam, kunyit, dan ketumbar.

 Balurkan bumbu halus keseluruh permukaan bandeng tadi barkan bumbu tersebut meresap kurang lebihnya 75 menit. Siapkan panci presto Beri alas panci dengan sarangan dan tuangkan air sampai hampir menyentuh saranganya panci.

 Letakkan bandeng di atas daun pisang dengan rapi. berikan pemberat seperti cobek kayu di pada lapisan paling atas. bandeng kemungkinan akan masak kurang lebih 1-1,5 jam. tunggu panci presto sampai berbunyi berdenging hilang dan setelah bunyi tersebut hilang lalu buka, lalu tiriskan bandeng presto biarkan sampai deingin.

 Jika mau di pasarkan anda tinggal kemas bandeng presto tersebut dangan plastik kedap udara. dan bandeng siap di pasarkan letakkan dalam kardus dan sertakan sekali sambal bajaknya.

Nah untukcara membuat sambel bajak sebagai berikut:


Dan berikut adalah bahan untuk sambal Bajak - 100 gram cabe merah. - 100 gram cabe rawit - 100 gram bawang merah dan kupas sekali. - 25 gram bawang putih. - 25 gram terasi udang, bakar - 100 gram gula merah - 25 gram garam - 100 ml minyak goreng.
 Nah untukcara membuat sambel bajak  mbah Moel sebagai berikut:

Panaskan minyak goreng, tumis semua bahan kecuali garam dan gula sampai harum. Haluskan semua bahan, tambahkan gula dan garam

 Tumis kembali bahan sambal yang telah dihaluskan sampai agak mengering Dinginkan dan siap dikemas sebagai pendamping bandeng presto.

2 comments:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Popular Posts