Monday, May 16, 2016


Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan berbagai herbal dengan berbagai manfaat. hal ini menjadikan banyak perusahaan yang berkembang pesat mengawal produk jamu atau minuman herbal.

Mulai dari tukang jamu yang menggerus sendiri dedauan serta rempah rempah sampai perusahaan besar dengan berbagai mesin pengolahan dan pengemasan moderen. Di saat ini kehidupan kembali ke alam seperti beberapa tahun terakhir ini maka minuman herbal atau jamu kembali mencuat populeritasnya.

Apalahi di seluruh fakultas kedokteran ada mata kuliah yang mempelajari pengobatan herbal  sebagai penyeimbang berbagai pengobatan modern ala barat. 

Di sinilah kesempatan terbuka lebar untuk turut terjun dalam bisnis pengolahan minuman herbal tersebut. Dari sisi kita bisa mulai terjun membuat minuman herbal segar atau yang di keringkan seperti serbuk gula jahe, gula temulawak , kunyitasam dll.

Di sini mbah moel akan memberikan resep jamu herbal atau minuman herbal berbentuk serbuk jahe . Berikut adalah resep Jamu herbal Ala Mbah Moel Untuk anda:

 Siapkan Bahan seperti, - 10 kg jahe segar kemudian 20 kg gula pasir, kemudian 50 lembar daun pandan, 100 batang serai, memarkan terlebih dahulu, 10 batang kayu manis yang kurang lebihnya mempunyai panjang 5cm. 100cengkeh. dan 6 liter air

Dan Dalam pembuatannya Mbah Moel ada cara sendiri seperti berikut
- Cuci bersih jahe,serai kayu manis, pandan, dan cengkeh. kemudian memarkan serai bila memang belum dimemarkan, siwir dan ikat daun pandan tersebut kemudian campurkan ke dalam wajan baja anti karat bersamaan kayu manis, cengkeh dan air bersih.
- Kemudian kita masak dengan api kecil sampai aroma rempah keluar dan air menyusut tinggal 4 liter saja. sementara itu kita bisa haluskan jahe mengunakan parutan atau blender , setelah kita haluskan peras jahe dengan juicer atau semacamnya.
- Kemudian Kita campurkan air jahe kedalam larutan trempah yang telah disaring, lalu tambahkan gula , setelah itu masak dengan api kecil lagi dan sambil di adul sampai mengkristal.
- langkah selanhjutnya tinggal kita dingginkan dan simpan kedalam plastik yang kendap udara agar tahan lama.

biasanya untuk 25 kg biaya yang di keluarkan Rp. 400.000,00 

Itulah Resep jamu herbal dari mbah moel semoga bermanfaat.
Sumber kita ambil dari 33bisnis Rumahan yang paling menjajikan

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Popular Posts